Selamat Datang, Bagi yang ingin berbagi nasehat/ kata mutiara, Silahkan kirim via email ke bursaiklangratis89.bebas@blogger.com

Sabtu, 23 Agustus 2014

Bahaya Merokok

Kebiasaan merokok tanpa disadari oleh para perokok banyak menimbuklan kerugian dan bahaya. Merokok aktiv memang meningkatkan resiko penyakit jantung dan kanker paru-paru. Namun, tanpa disadari menjadi perokok pasif juga menimbulkan masalah kesehatan dan psikologis, seperti:

- Jika ibu hamil yang menjadi perokok pasif, maka asap rokok dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan janin hingga keguguran.

- Meskipun belum diketahui secara pasti bahwa asap rokok dapat menyebabkan bayi mengalami sindrom mati mendadak (sudden infant death syndrome/ SIDS). Namun ada baiknya melakukan pencegahan sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi. Selain diduga karena faktor genetik, SIDS juga disebabkan adanya infeksi bakteri atau terhirupnya zat yang dapat menyebabkan bayi sulit bernafas. Apapun kemungkinan berbahayanya, sebaiknya ayah dan bunda melakukan suatu hal yang dapat menurunkan resiko kematian bayi, salah satunya dengan tidak merokok di dekat mereka.

- Bila anak-anak sebagai perokok pasif, maka bahaya kesehatannya lebih besar. Sebab system imun (daya tahan tubuh) mereka masih lemah dan belum sempurna. Salah satu resiko anak yang menjadi perokok pasif adalah pertumbuhan paru-parunya lambat, asma, radang saluran pernafasan, infeksi telinga, pneumena, alergi, dan batuk berkepanjangan.

- Orangtua yang kerap merokok di depan anak bisa mempengaruhi kondisi psikisnya. Anak cenderung percaya bahwa rokok bukanlah gaya hidup yang buruk. Ketika mereka kecil, mereka mencoba untuk meniru gaya merokok dengan meletakkan pena di mulutnya. Saat remaja, mereka mungkin akan melakukan hal yang nyata. Akhirnya mereka menjadi kecanduan untuk merokok sejak dini.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kebiasaan merokok ini dihindari dan bahkan harus ada tindakan pencegahan mulai dari kecil. Hal ini bisa dilakukan mulai dari keluarga sendiri. Berikan edukasi dan penjelasan kepada lingkungan keluarga kita akan bahaya merokok terutama pada anak-anak agar mereka tidak merokok saat dewasa nanti.

sumber: http://www.ibundaku.com/2013/12/bahaya-merokok.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar