Selamat Datang, Bagi yang ingin berbagi nasehat/ kata mutiara, Silahkan kirim via email ke bursaiklangratis89.bebas@blogger.com

Senin, 18 November 2013

‎Berbakti Kepada Orang Tua

Sesungguhnya hati ini telah dibentuk dan jiwa telah diciptakan untuk mencintai orang yang telah berbuat baik kepadanya, diri manusia merasa bergantung kepada orang yang telah berjasa baik kepadanya. Dan tidak ada yang lebih baik atau lebih besar jasanya setelah Allah terhadap seorang manusia yang melebihi kedua orang tua.

Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil". QS. Al-Isro': 23-24

Dalam kondisi tua, kedua orang tua berada dalam kondisi lemah badan dan akal bahkan bisa jadi hidup dalam usia tua renta, yaitu usia yang bisa menimbulkan kemarahan dan kebosanan kedua orang tua.

Dibutuhkan kesabaran seorang anak merawat beliau.

Dalam kondisi ini, Allah melarang anak bertindak melampaui batas dengan sikap yang kurang sopan bahkan Allah memerintahkan untuk berkata dengan perkataan mulia, dan seorang anak harus merendahkan diri dengan penuh kasih sayang.

Sungguh miris jika ada sebagian anak memperlakukan orang tuanya seperti pembantu, kasar dan suka membentak.

"Ya Rabb, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil"
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar